BREAKING NEWS

Senin, 12 September 2016

Tips Olah Sate Sapi dan Kambing Agar Tak Alot dengan Cara Sederhana ala Bunda Eko


Sate yang enak dan nikmat pastinya tidak alot saat dikunyah, serta bumbunya meresap di daging yang empuk. Ada beberapa bagian daging sapi dan kambing yang memang pas untuk diolah menjadi sate, namun bila mendapat pembagian saat Hari Raya Idul Qurban pastinya Anda tak bisa memilih bagian yang empuk saja.

Nah, untuk mensiasati daging sapi atau kambing yang hendak diolah menjadi sate tersebut, Anda bisa menerapkan beberapa cara mudah membuat daging jadi empuk, walau berasal dari bagian daging yang agak keras. Berikut ini beberapa trik dan caranya:

Iris tipis dan kecil

Bagian daging sapi dan kambing yang berotot akan agak alot bila dimasak. Namun kealotan itu dapat dikurangi dengan cara memotongnya dengan irisan tipis dan kecil. Setelah itu, Anda bisa memukul-mukul dengan memakai pemukul daging hingga serat ototnya lemas.

Potong berlawanan arah

Teknik memotong daging yang benar juga perlu untuk semua olahan daging, tidak hanya untuk sate saja. Sebaiknya Anda lihat arah serat daging, lalu memotongnya berlawanan arah. Itu akan membuat daging lebih mudah empuk, dan mudah digigit.

Rendam parutan nanas

Nah, ini pun cara yang pas untuk membuat daging menjadi empuk, sebab ada enzim bromelain pada nanas yang membuat serat daging lemas.

Daun pepaya

Jika Anda tidak suka dengan parutan nanas, gunakan remasan daun pepaya untuk membungkus daging yang sudah dipotong-potong. Biarkan terbungkus selama 10 menit, buang daunnya, lalu olah seperti biasa menjadi sate.

Semoga bermanfaat.




Tips diatas bisa anda catat agar tidak lupa, atau bisa juga ikuti blog ini terus. Karena kami akan sajikan banyak konten resep menarik lainnya.

Salam dari Bunda Eko

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 dapur bunda. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates