BREAKING NEWS

Senin, 12 September 2016

Tongseng sapi ala Bunda Eko


Kita bisa menggunakan daging sapi untuk membuat tongseng. Tongseng sapi memiliki nilai kolesterol yang lebih tinggi. jadi, yang ingin punya kolesterol tinggi, tongseng daging sapi bisa menjadi pilihan terbaik. Masakan daging sapi ini berkuah. Kuahnya berwarna coklat bening dengan citarasa asam dan manis.


  1. 500 gr daging sapi, potong-potong
  2. 150 gr daun kol
  3. 2 lbr daun salam
  4. 1 sdm air asam
  5. 1 btg serai, memarkan
  6. 5 sdm kecap manis
  7. 20 bh cabai rawit
  8. 1 ltr air
  9. 6 bh bawang merah, iris tipis
  10. garam & gula pasir, sesuai selera


Bumbu dihaluskan :
3 siung bawang putih
1 sdt merica bulat
1 sdt ketumbar sangrai
1 sdt jahe
½ sdm irisan lengkuas


1. Tumis bawang merah dg 3 sdm minyak goreng, hingga kuning
2. Masukkan bumbu halus, daun salam & serai
3. Setelah harum, masukkan daging, masak hingga berubah warna
4. Masukkan air, kecap manis & air asam, masak hingga daging lunak
5. Sebelum kuah habis, masukkan cabe rawit & kol, garam & gula pasir

Pertama-tama langkah yang harus dilakukan untuk membuat tongseng sapi adalah dengan merebus daging sapi hingga empuk. Apabila sudah bisa di angkat dan dipotong-potong sesuai dengan selera.
Berikutnya dilanjutkan dengan menumis bumbu hingga halus bumbunya antara lain seperti bawang merah, daun salam, lengkuas, dan bumbu halus di atas. Tumis bumbu tersebut hingga layu dan wangi harum.
Selanjutnya anda bisa memasukkan bumbu ke dalam daging yang sudah di rebus dengan menambahkan beberapa penyedap seperti garam, merica, kecap manis, gula dan santan yang kemudian dididihkan sampai masak dan aduk agar santan tidak pecah. Kemudian anda bisa memasukkan daging, daung bawang, cabe rawit, tomat, dan kol. Tunggu beberapa saat hingga benar-benar matang.

Apabila sudah matang bisa disajikan.

Resep yang begitu ditunggu-tunggu untuk segera bisa menikmati rasanya yang khas. Tentu saja rasa yang dihasilkan begitu nikmat. Untuk penyajiannya disajikan secara hangat agar lebih mantap dimakan dengan nasi putih yang hangat. Resep tongseng sapi sudah berhasil dibuat dengan cara membuat seperti langkah-langkah di atas yang sudah dijelaskan.



Resep diatas bisa anda catat agar tidak lupa, atau bisa juga ikuti blog ini terus. Karena kami akan sajikan banyak konten resep menarik lainnya. Untuk sebelelumnya kami juga sudah tuliskan artikel menarik tentang resep masakan yang bisa anda simak seperti berikut ini yang merupakan pilihan resep terbaik salam dari Bunda Eko

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 dapur bunda. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates